Jika kamu berpikir, maka kamu tau. Jika kamu tau, maka tercipta kondisi dalam hati yg mendorong utk berbuat

Saturday, July 20, 2013

# Meetup Startup IT

Saturday, July 20, 2013 Posted by Raosan Fikri Lillahi , , 1 comment
Akhirnya bisa nulis tentang ini karena fotonya baru dikirim dari teman, hehe. Jadi ini adalah cerita saat acara startup meetup yang diadakan TechinAsia di ITB kemarin, yang sempat saya singgung di post yang ini.

Saya pertama kalinya ikut acara meetup2 seperti ini, karena baru-baru ini saya punya keinginan untuk membangun startup. Ternyata, yang saya dapati dalam acara ini adalah orang-orang hebat, mantap sekali mereka, yaitu startup2 dari negara lain. Ada TechinAsia, startup dari singapore yang menjadi host acara ini. Walaupun kelihatannya cuma 3 anak muda yang slengean, tapi sampai-sampai Bu Ayu, kaprodi IF bilang bahwa mereka adalah salah satu startup yang berhasil di Singapura.


Dan saat sesi makan siang, saya sempat ngobrol dengan salah satu personlnya, Minghao. Iseng aja bertanya-tanya tentang startup mereka, dan pertanyaan yang paling saya anggap cukup nyolot adalah,"How can you earn money?"

Untung dibalas dengan "nice question". Habis saya sangat penasaran, yang saya ketahui TechinAsia ini hanya sebuah portal/media yang menampilkan segala berita yang berbau startup dari asia (lihat saja website nya), tapi Bu Ayu sampai menganugerahi sebagai salah satu startup yang berhasil. bagaimana bisa ya?

Ternyata Minghao menjawab bahwa mereka mendapat pemasukan dari iklan, kerja sama dengan perusahaan besar, dan dengan mengadakan acara-acara meetup seperti ini. Mungkin sebagai event organizer. Lalu saya pikir hmm boleh juga ya, hanya dengan model begitu, mereka bisa berhasil.

Bu Ayu seadang ngobrol dengan orang-orang Singapore dari vserv dan Samsung

Lalu ada juga startup dari india, vserv yang mempunyai ide untuk membungkus apps dengan iklan. Konsepnya seperti memberi cover halaman pada majalah untuk menampilkan ads (iklan). Mungkin seperti iklan di awal youtube, tapi yang dikerjakan vserv adalah gambar, bukan video. Dan ternyata kiprah mereka sudah luas sekali sampai menjangkau developer di vietnam.

Orang India nya sendiri saat presentasi omongannya sangat susah ditangkap karena aksennya yang Inggris-India. Agak lucu juga sih kalau dengar langsung. Bahkan teman saya, Indra (IKP) yang mirip orang india pun kewalahan mencerna presentasinya.

Programmer dari India saat mengajari kami cara menggunakan program buatan vserv. Coba lihat keningnya, benar-benar khas orang India. Bersama teman saya (dari kiri ke kanan): andy, IKP, Raosan.

Lalu dari Samsung yang sedang mempromosikan toko digitalnya, Samsung Appstore, dan memperkenalkan teknologi barunya, SPen yang digunakan dalam Galaxy Note. Saat ini Samsung sedang gencar-gencarnya mendekati para developer, terbukti beberapa waktu lalu juga ada acara dari Samsung. Tapi saya kurang tertarik karena beliau memberi materi teknis (kodingan) tentang cara kerja SPen, yang saya rasa IF banget, padahal saya kan STI, hehe.

Dalam acara ini mata saya terbuka. Satu Pelajaran yang saya dapat, ternyata di luar sana sudah banyak orang yang gila-gilaan kiprahnya di dunia IT. Dan ternyata di asia tidak terlalu kalah dengan silicon valley. Jadi semakin tertantang...

1 comment: