Jika kamu berpikir, maka kamu tau. Jika kamu tau, maka tercipta kondisi dalam hati yg mendorong utk berbuat

Saturday, July 13, 2013

# Enlighten Mind [Part 3]: First Time to Know Dakwah

Saturday, July 13, 2013 Posted by Raosan Fikri Lillahi , , 2 comments

Saat yang paling berkesan di tingkat 1 TPB di ITB, yaitu saat pelantikan kader gamais, oasis camp di sebuah gunung (situ lembang). Tempat paling dingin yang pernah saya kunjungi.

Sesi yang paling berkesan adalah saat sesi dari kang Rendy Saputra. Dari sinilah saya pertama kali tahu tentang apa itu dakwah. Pembawaan kang Rendy sangat asik , materinya sangat masuk, memang piawai sebagai motivator. Kurang lebih ada 5 poin penting tentang dakwah dari kang Rendy:

1. Transformasi
Dakwah itu sebenarnya proses mentransformasi diri -> keluarga -> masyarakat. Artinya untuk mengubah hal-hla yang lebih besar, dimulai dari mengubah diri sendiri. Dan ketiga hal itu adalah sebuah proses yang dijalani terus menerus tanpa menghilangkan salah satu poin.

2. Dakwah Bertahap
Dalam melakukan dakwah, yang harus diperhatikan adalah tahapannya, agar pesan yang ingin kita sampaikan lebih mengena dan orang yang kita dakwahi lebih empati, bukannya antipati. Tahapannya sendiri yaitu
Aku aman bagimu -> aku nyaman bagimu -> aku bukan ancaman bagimu
Buatlah supaya orang yang kita dakwahi punya perasaan seperti ini.

3. Presepsi Mengubah Diri
Kita adalah apa yang kita pikirkan. Presepsi kita tentang suatu hal bisa positif atau negatif, tergantung pada kita, dan akan mempengaruhi perbuatan kita terahadap hal tersebut dan cara berdakwah. Makin sering kita mengasah presepsi tentang suatu hal supaya jadi positif, maka diri kita juga akan menjadi pribadi yang positif.

4. 100% Will to Tell
Dakwah itu menyampaikan, jadi dalam menyampaikan sesuatu harus 100% semangat dan niatnya. Seperti saat ingin menyampaikan suatu rahasia yang seru, atau saat ingin menceritakan episode kartun yang terlewat oleh teman kita. Pokoknya harus benar-benar niat untuk ngasih tau sesuatu.

5. Langkah Dakwah
Mirip dengan nomor 2, ada tambahan tips agar dakwah kita didengar orang :
Mapan -> Melayani & Membantu -> Mendekati dengan keceriaan -> Memberi tahu kebenaran

Bersambung...

2 comments:

  1. wah wah.. Oasis Camp :D

    ini materi nya emang dulu dicatet atau cuma diinget" aja?

    keren :3

    ReplyDelete
  2. dicatet sih, di hp, tp cuma poin-poin aja, hehe

    ReplyDelete