Jika kamu berpikir, maka kamu tau. Jika kamu tau, maka tercipta kondisi dalam hati yg mendorong utk berbuat

Tuesday, March 25, 2014

# Sumber Dana Startup Indonesia

Tuesday, March 25, 2014 Posted by Raosan Fikri Lillahi , , 2 comments

Melanjutkan dari post yang lalu tentang startup, sekarang saya akan membahas tentang sumber dananya. Sebelum saya mendengar tentang cerita ini, saya selalu bertanya-tanya
Sebenarnya startup itu dapat duit dari mana sih?
Dari hasil sharing-sharing dengan senior saya itu, ternyata ada 2 sumber dana yang dapat menghidupi sebuah startup yang dikenal dengan istilah bootstrap dan investasi:

Bootstrap 
Sumber dana jenis ini didapat dari keluarga, teman, dan kenalan. Dana yang didapat dari mereka-mereka inilah yang masih mampu menyokong kehidupan startup-startup yang masih belum bisa mendapatkan keuntungan besar. Mungkin istilahnya lebih ke bantuan dana atau sumbangan. Kebanyakan startup Indonesia masih mengandalkan sumber dana jenis ini.

Investasi
Dana jenis ini didapat dari investor yang bersedia memberikan uangnya untuk berinvestasi kepada perusahaan startup. Walaupun dana yang didapat relatif besar, namun tidak banyak perusahaan startup di Indonesia yang mendapatkan jenis pendanaan ini. Investasi ini justru banyak diterapkan di Sillicon Valley, Amerika. Di sana begitu banyak investor yang ingin menginvestasikan dananya, bahkan ada banyak perusahaan VC (Venture Capital) yang berdiam di Sillicon Valley.

Ada satu pertanyaan lagi, kenapa investor-investor ini mau menginvestasikan uang mereka yang jumlahnya tentu tidak sedikit pada perusahaan yang tidak mendapat keuntungan? ternyata jawabannya adalah valuasi.
http://startupbisnis.com/wp-content/uploads/2014/03/Customer-Development_003.png

Apa itu valuasi? nah coba bayangkan facebook. Kalau sudah nonton film The Social Network, maka kamu akan tahu bahwa awal-awal berdirinya facebook, mereka sama sekali tidak menghasilkan uang walaupun user nya sudah mencapai lebih dari ribuan. Bahkan mereka harus mengeluarkan uang untuk biaya sewa server.

Nah disinilah suatu perusahaan startup akan dinilai valuasinya atau bahasa lainnya dinilai harga perusahaannya berdasarkan jumlah pengguna aktif, traffic, dan sejenisnya. Kalau di Amerika, parameter-parameter tersebut sangat berharga nilainya. Contohnya yang saya baru tahu adalah karena dianggap sebagai biaya marketing seperti yang ditulis oleh dosen saya Pak Budi Rahardjo di sini.

Sebenarnya teknik-teknik untuk menghitung valuasi dengan mengukur jumlah pengguna, traffic, dsb ini sudah diterapkan sehingga kita bisa tahu harga suatu perusahaan sebagaimana harga saat facebook membeli whatsapp atau instagram, namun harga ini masih belum dipercaya masyarakat dan investor Indonesia entah mengapa. Kalau saya menduga mungkin karena masyarakat Indonesia yang masih belum menghargai produk-produk, hasil karya, dan perusahaan-perusahaan IT sehingga parameter-parameter seperti traffic dan jumlah pengguna tidak dianggap bernilai...

2 comments:

  1. KABAR BAIK


    Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, apakah Anda benar-benar membutuhkan pinjaman mendesak, apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berhutang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman bisnis, dan pinjaman perusahaan , Dan segala macam pinjaman dengan bunga 2% !!! Karena tahun ini akan segera berakhir, kami memiliki penawaran pinjaman Natal. kami berada di Maria Annette Loan Company, kami menjamin semua klien kami yang berharga bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman individu tanpa biaya untuk membayar.

    Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi kami sekarang melalui email:

    Susanbowmanloancompany@gmail.com


    dan Anda juga bisa mendapatkan perusahaan Via whatsapp dengan nomor ini

    +1 (859) 777-1805


    Informasi Peminjam:


    Nama lengkap: _______________

    Negara: __________________

    Jenis Kelamin: ______________________

    Umur: ______________________

    Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan: _________________

    Durasi Pinjaman: ____________

    Pinjaman bunga: _____________

    Nomor telepon: ________


    Ibu. Susan bowman

    ReplyDelete

  2. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    ReplyDelete