Jika kamu berpikir, maka kamu tau. Jika kamu tau, maka tercipta kondisi dalam hati yg mendorong utk berbuat

Monday, March 3, 2014

# Filosofi One Piece di Kehidupan Nyata

Monday, March 03, 2014 Posted by Raosan Fikri Lillahi , , No comments

Saya pernah Membaca artikel menarik tentang hubungan mendirikan startup dan mendirikan kelompok bajak laut di sini. Setelah dipikir-pikir lagi ternyata Filosofi yg dibawa onepiece ini sangat mirip dalam berbagai hal tentang perusahaan (kelompok bajak laut), pemerintah, dan entitas lain yg mirip.

Ketidakakuran pemerintah dan perusahaan
Dalam kuliah keamanan informasi kemarin, kami mendapat cerita dari pak budi rahardjo bahwa dalam kenyataannya pemerintah memang suka bertindak tidak adil pada perusahaan dan sering membuat marah perusahaan. Misalnya di Amerika baru2 ini NSA mencuri data diam-diam dari perusahaan2 seperti google, facebook, dll. Hal ini sama dengan hubungan pemerintah dunia dan para bajak laut di onepice bukan?

Salah satu alasan mendirikan perusahaan adalah untuk mencegah monopoli
Yak coba bayangkan aqua yg sudah cukup memonopoli pasar air minum kemasan. Bila tidak ada saingannya, maka akan terjadilah monopoli. Mereka yang mengontrol harga, dan kita tidak akan bisa melawan karena ketergantungan yg sudah besar.

Sama dengan tujuan luffy mendirikan kelompok topi jeraminya, yaitu agar bisa menjadi orang yang paling bebas. Dengan terbaginya keuasaan dan kekuatan yg tidak juga dikontrol penuh oleh pemerintah, maka tidak akan terjadi monopoli dan tindakan semena-semena

0 comments:

Post a Comment