Jika kamu berpikir, maka kamu tau. Jika kamu tau, maka tercipta kondisi dalam hati yg mendorong utk berbuat

Sunday, February 1, 2015

# Financial Planning

Sunday, February 01, 2015 Posted by Raosan Fikri Lillahi , 1 comment

Sesuai anjuran Robert Kiyosaki dalam bukunya, Guide to Investing, saya akhirnya mengikuti kelas financial planning di SBM ITB. Kesan yang saya tangkap saat ikut kuliahnya asik dan dosennya komunikatif, dan yang paling penting menjelasakan dengan mengambil contoh kisah-kisah nyata.

Ada sebuah perkataan dosennya yang terngiang-ngiang di kepala saya. Saat itu, Bu Maya (Sylviana Maya) menjelaskan tentang dana cadangan (emergency fund) yang harus dipikirkan pertama kali dalam perencanaan kauangan. Begini kata beliau:

Ibu harus alokasikan emergency fund  selama 12 bulan karena siapapun bisa jadi dosen. Tapi suami ibu cukup alokasikan untuk 1-3 bulan saja karena skill engineering nya pasti dicari banyak orang. Artinya kalau kita keluar dari pekerjaan sebelumnya, segitulah waktu yang diperlukan untuk mendapatkan tempat baru sambil hidup tanpa penghasilan.

Perkataan tersebut terngiang-ngiang di kepala saya. Betul juga. Tadinya saya pernah berpikir untuk memulai bisnis seperti jual keripik atau kuliner lain. Tapi terpikir lagi bahwa siapapun bisa melakukan ini, seperti kata Bu Maya bahwa siapapun bisa jadi dosen. Dan bagi saya yang sudah terlajur nyemplung ke dunia engineering ini, sepertinya cara termudah  menjadi kaya adalah lewat jalur ini.

Sebenarnya memang banyak jalan untuk jadi kaya yang penting pilih saja jalan yang cocok karena tiap orang berbeda

sumber gambar: 1

1 comment: