Jika kamu berpikir, maka kamu tau. Jika kamu tau, maka tercipta kondisi dalam hati yg mendorong utk berbuat

Monday, February 3, 2014

# Project One with Arduino (Toggle LED)

Monday, February 03, 2014 Posted by Raosan Fikri Lillahi , , No comments
Semester 6 ini saya mengambil mata kuliah yang kelihatannya seru, yaitu Interkasi Manusia dengan Komputer & Antarmuka yang disingkat IMKA. Untungnya dosen yang mengajar adalah salah satu favorit saya dan dosen paling baik. Yak beliaulah Pak Soni.

Kenapa saya bilang seru kuliahnya? karena tidak hanya belajar teori yang membosankan tapi juga ada prakteknya. Kali ini tugas pertama dari beliau adalah membuat sebuah lampu yang bisa menyala dan mati sesuai perintah tombol yang dipencet.

Tugas / project kami menggunakan arduino uno yang menurut saya akan jadi komputer masa depan dimana komputer hanya sebesar genggaman tangan. Keyboard bisa memakai yang bisa digulung seperti di film-film. Dan layarnya mungkn bisa memakai kaca sembarang seperti di film Total Recall.

Yak langsung saja ke tugasnya. Setelah diberi spesifikasi apa yang harus kami buat, langsunglah kelompok saya bersama Fajrin, Andy, dan Gilang, serta Nico (sedang keluar kota) googling untuk mencari gambar rangkaian dan kodenya. Langkah untuk membuat project di Arduino ini sangatlah gampang:

Langkah 1
Masuk ke website Arduino untuk mendownload IDE dan mendapat contoh gambar rangkaian yang memakai tombol untuk mengontrol nyala lampu. Dapatlah gambar rangkaian seperti berikut:
Perhatikan posisi kaki lampu dan kabel kabelnya. Karena kalau salah pasang tidak akan menyala sesuai keinginan.

Langkah 2
Cari kode yang memiliki unsur button lalu ubah-ubah sedikit sesuai kebutuhan. jadinya seperti ini:


Kode di atas sudah sangat jelas maksud dan logikanya dengan adanya comment-comment di setiap barisnya.

Langkah 3
Hubungkan arduino ke laptop menggunakan kabel usb penghubung, compile/verify kodenya, lalu upload ke arduino. Maka selesailah langkah-langkahnya. Hasil percobaan dapat dilihat dalam video berikut:

0 comments:

Post a Comment