Jika kamu berpikir, maka kamu tau. Jika kamu tau, maka tercipta kondisi dalam hati yg mendorong utk berbuat

Tuesday, February 11, 2014

# Fade in and out LED Arduino

Tuesday, February 11, 2014 Posted by Raosan Fikri Lillahi , , No comments
Project kali ini masih tergolong mudah. Instruksi dari Pak Soni hanyalah coba mengcopy-paste kode yang ada di buku “Getting Started with Arduino 2nd Edition” lalu coba pahami. Ada dua kode yang harus dicoba.


Kode Pertama
Setelah mencoba kode tersebut di IDE arduino lalu diimplementasikan dengan gambar rangkaian yang juga sudah ada contohnya, maka kode tersebut jadi lebih gampang dimengerti.
Pada bagian atas hanya deklarasi seperti biasa, juga pada void setup yang hanya mendeklarasikan output. Bagian yang membuatnya bekerja adalah pada void loop yang terus melakukan pengulangan tanpa henti. Didalamnya, pada for pertama dilakukan iterasi pada nilai “i” yang menentukan tingkat kecerahan LED. Sehingga “i” diiterasi dari 0-254 yg berarti lampunya akan menyala dengan perubahan kecerahan secara perlahan. For yang kedua adalah sebaliknya, dari 255-1, yang berarti dari terang sekali sampai mati. Hal tersebut terus diulang-ulang.




***





Kode Kedua
Kode yang ini sedikit perlu mikir. Akan saya jelaskan perbagian

Bagian A
Bagian ini mendeklarasikan variabel-variabel dan kosntanta yang nantinya akan dipakai

Bagian B

Masuk pada loop, bagian pertama ini untuk mengecek apakah button hanya ditekan sekali-sekali(bukan ditahan). Jika ditekan sekali, akan mengubah nilai variabel state yang nantinya pada bagian D akan menentukan LED akan nyala atau mati sesuai kebalikan dari state sebelumnya.

Bagian C

Kali ini akan dicek apakah button ditekan dengan ditahan. Kalau lampunya sedang menyala dan telah berlalu 500ms, makan kecerahan lampu akan berubah perlahan sampai level 255. Jika lewatt 255, akan diulang dari 0 tingkat kecerahannya.

Bagian D

Memasukkan nilai val pada vaiabel old_val yang akan dipakai bagian A dan B untuk menentukan apakah button ditekan dengan ditahan atau tidak.
Lalu membaca nilai variabel state yang didefinisakn pada bagian A dan melakukan tindakan yang sesuai apakah menyalakan LED atau mematikan.

0 comments:

Post a Comment