Jika kamu berpikir, maka kamu tau. Jika kamu tau, maka tercipta kondisi dalam hati yg mendorong utk berbuat

Thursday, December 5, 2013

# Zuhud

Thursday, December 05, 2013 Posted by Raosan Fikri Lillahi , No comments
Cerita yang menarik dari kultum subuh:

Dahulu kala, ada ulama yang ke mana-mana ceramahnya berbicara tentang zuhud. Bahwa hidup harus zuhud dan tidak boleh sombong. Suatu ketika, seorang jamaah nya bertamu ke rumah ulama ini. Dia terkejut dan heran mendapati di rumah sang ulama terdapat semua perabot yang lengkap. Ibarat jaman sekarang punya mobil, motor, TV, KUlkas, dan segala perabot.

Saat akhirnya mereka pergi meninggalkan rumah (ke mesjid atau kemana lupa), bertanyalah sang tamu,”Kenapa anda memiliki segala perabot yang lengkap padahal kemana-mana selalu ceramah tentang zuhud? Anda punya ini, punya itu”. Disebut segala jenis perabotnya.

Sang ulama menjawab dengan mengejutkan,”Itulah kamu. Walau sudah keluar rumah, kamu hafal setiap perabot yang saya punya. Sedangkan saya, sudah tidak ingat dan tidak peduli apa yang saya miliki. Zuhud itu bukan menjadi miskin dan tidak punya apa-apa, tapi tidak memasukkan ke dalam hati apa yang kita miliki di dunia. Sadarlah bahwa itu kepunyaan Allah dan dapat Allah ambil kapan saja.”

“Kita memiliki kemampuan untuk memperoleh barang-barang tersebut, itu tidak salah. Yang salah adalah kalau mencintainya dengan berlebihan. Sehingga jika ada yang kesulitan, maka akan saya berikan kepada orang yang membutuhkan. Juga saat kehilangan, ikhlas kan saja.

Diceritakan bahwa ulama dahulu memang kaya-kaya, tapi kekayaannya didapat dari berdagang, bukannya memasang tarif untuk ceramah. Bahkan sering mereka sendiri yang mengeluarkan hartanya.

0 comments:

Post a Comment