Jika kamu berpikir, maka kamu tau. Jika kamu tau, maka tercipta kondisi dalam hati yg mendorong utk berbuat

Sunday, March 13, 2016

# Cara Belajar Bahasa Inggris Sendiri

Sunday, March 13, 2016 Posted by Raosan Fikri Lillahi , 2 comments
Belajar bahasa asing intinya adalah sering-sering dipraktekkan dalam keseharian. Dengan keterbatasan waktu dan uang, kita bisa belajar sendiri, tidak perlu ikut les khusus.
Contohnya seperti yang saya lakukan untuk mendapatkan score tes toefl 577 tanpa belajar sama sekali sebelum hari H tes nya.

1. Nonton Film / TV Series dengan Subtitle Bahasa Inggris

Cara tergampang adalah nonton video yg kita suka (bagi saya film dan tv series) denga subtitle bahasa inggris. Bahkan lebih baik lagi latihan untuk tidak pakai subtitle. Cara ini efektif untuk melatih kemampuan listening kita. Bisa dilakukan juga dengan sering nonton video dari youtube.

2. Baca Buku / Novel Bahasa Inggris

Baca buku akan melatih kemampuan reading kita. Tapi karena mungkin cukup sulit, bisa dimulai dengan cara membaca versi bahasa inggris dari buku bahasa indoneisa yang pernah kita baca dan suka. Dengan begitu, kita bisa nostalgia dan membandingkan arti kata-kata tertentu karena kita pasti masih ingat bagian-bagian cerita dalam buku yg pernah kita baca.
Atau kalau benar-benar malas, bisa dimulai dengan baca manga yang banyak dalam bahasa inggris. Selain mendapatkan asiknya baca manga, tanpa sadar kita akan terbiasa dengan bahasa inggris.

3. Menulis Blog Dalam Bahasa Inggris

Menulis akan melatih vocabulary yang telah kita pelajari. Tulislah dalam bentuk cerita atau artikel, sehingga tujuannya tetap membuat sesuatu yang kita suka. Kemampuan writing ini akan mengikuti perkembangan kemampuan reading. Semakin banyak kita baca, semakin bagus pula kemampuan menulis.



Sebagai kesimpulan, intinya adalah lakukan apa yang kita suka menggunakan bahasa inggris. Sebagai generasi 90an pasti merasakan manfaat belajar bahasa inggris tanpa sadar yang lebih manjur lewat game-game yang kita mainkan seperti PS1, PS2 atau dari manga, anime, dll, daripada belajar di sekolah/les.

2 comments:

  1. kok blog lo tiba-tiba keren gini, wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wehehe thankyou thankyou...

      Yg keren tampilannya atau kontennyaya btw?

      Delete