Jika kamu berpikir, maka kamu tau. Jika kamu tau, maka tercipta kondisi dalam hati yg mendorong utk berbuat

Tuesday, July 15, 2014

# Pembimbing KP Super, Bisnis Investasi Property untuk Melawan Bank Riba

Tuesday, July 15, 2014 Posted by Raosan Fikri Lillahi , , 1 comment
Dari kiri ke kanan: Dito( SI Telkom Univ.), Saya, Andy, Farrell
Ada suatu kisah menarik saat saya kerja praktek di Pertamina EP kemarin.

Saya mendapatkan cerita dan pengalaman tentang bisnis dari pembimbing saya yang ternyata tanpa diduga-duga adalah pemilik bisnis yang sudah besar.

Siapakah dia?
Rijalul Fikri, adalah alumni Informatika '98. Masih muda, umurnya baru 30an. Makannya masih minta dipanggil "Mas" bukan "Pak". Waktu pertama bertemu, kesannya seperti orang yang kaku tapi setelah ngobrol-ngobrol ternyata sangat dahsyat. Banyak ilmu dan wisdom yang dapat dicontoh. Beliau orangnya religius, benar-benar disiplin mempraktikkan islam misalnya sholat tepat waktu di mesjid. Inilah yang membuat saya kagum. praktik agamanya bagus, tapi bisnisnya juga besar.

Apa Bisnisnya?
Ini yang ditunggu-tunggu. Saya akan menjelaskan sedikit tentang bisnis beliau. Gampangnya begini, di Prabumulih (Sumatra Selatan) tempat asal beliau, pembangunan rumah masih banyak terjadi. Namun kebanyakan orang di sana tidak memiliki dana. Di sisi lain, di tempat kerjanya yang kita tahu bergaji besar, orang-orang muslim di sana merasa segan untuk menyimpan uangnya di Bank karena riba.

Dari situ, Mas Fikri (panggilan akrabnya) membuat sebuah portal web yang mempertemukan dua kebutuhan tersebut sehingga orang yang akan membangun rumah dapat meminta dana dengan cara menjual saham senilai Rp. 100.000 per lembar. Nah orang yang ingin berinvestasi dapat membeli saham seusai keinginan dan sekalian membantu pembuatan rumah, sehingga uangnya dapat dialihkan daripada disimpan di bank. Bahkan dengan investasi, pastinya mendapat keuntungan.

Apa Kelebihannya?
Sistem yang dipakai adalah sistem syariah, tanpa riba. Salah satunya dari sisi transparansi. Misalnya Pada sebuah entitas rumah, ditampilkan lengkap kebutuhan dananya, kepimilkan sahamnya oleh siapa saja, bahkan progress pembuatan rumahnya pun selalu diupdate dengan foto, sehingga pemilik saham dapat memantau aliran dananya secara transparan dan jelas. keuntungan bagi investor pun dari bagi hasil, bukan bunga.

Hebatnya lagi, investasi rumah ini ternyata minim risiko. Coba bandingkan dengan investasi mobil rental, atau lain-lain yang uangnya  atau benda nya dapat dibawa lari. Sedangkan rumah ini kan tidak bisa dibawa lari. kekuatannya sebenarnya adalah sistem saham dan komunitas. Jadi kalau misalnya dalam suatu komunitas ada yang sedang butuh uang, sahamnya bisa tinggal dijual ke temannya dan bisa dibeli lagi saat nanti memiliki uang lebih, sehingga bisa saling membantu.

Bagaimana Keuntungannya?
Namanya bisnis property, untungnya juga pasti besar. Keuntungannya didapat dari fee saat pembuatan rumah atau dari KPR. Beliau cerita bahkan sekarang bisa mendapatkan sekitar 7 miliar per tahun. Kalau mau, beliau bisa saja berhenti bekerja, tapi perusahaan masih butuh tenaganya. Kasihan rekan-rekan kalau ditinggal katanya. Selain itu beliau juga belum mau berhenti karena ingin menjaga jaringan dan ingin mengubah budaya perusahaan yang katanya kebanyakan fresh graduate yang masuk sukanya menghamburkan gaji besarnya padahal bisa diinvestasikan.

Masa Depan
Visi besar bisnisnya, griya investa ini, yaitu dapat menggantikan fungsi bank sehingga daripada menyimpan uang dengan sistem riba dan nilainya berkurang terus karena inflasi, lebih baik uangnya diinvestasikan sehingga nilainya bisa tetap naik.

Sebagai penutup, beliau memberi nasihat yang benar-benar seperti yang saya harapkan dan sesuai visi saya:

Kuliah di ITB itu percuma kalau akhir-akhirnya jadi pegawai. Walaupun di perusahaan besar oil & gas juga tetap aja kalian itu pekerja. Harusnya mindsetnya adalah membuka lapangan pekerjaan baru. Jadilah yang punya bisnis.


Andy, Farrell, Mas Fikri, Saya

Suasana saat presentasi akhir di ruang KP bersama ciwi ciwi Telkom Univ. yg lagi KP juga


Bagi yang ingin melihat website portalnya bisa di sini: griya investa
Foto dokumentasi diambil dari sini

1 comment:

  1. Di mana ada permintaan, kalo kita bisa penuhi itu, bisa hidup di mana aja.

    ReplyDelete